Minggu, 06 September 2015

IHWALUL IDGHOM
1. Idghom wajib
Ighom itu dihukumi wajib ketika ada dua huruf yang sejenis berada dalam satu kalimat, baik kedua huruf tersebut hidup atau berharokat.
 Contoh:مر ,مد اصلهما مرر ,مد د Ataupun huruf yang pertama mati dan yang kedua hidup, contoh:مد  اصله مد د
Apabila huruf pertama yang sama itu mati maka diidghomkan pada huruf kedua tanpa perubahan. Contoh: مد  اصله مد د
namun apabila huruf pertama yang sejenis itu berharokat maka harokatnya dimatikan untuk menjadi syarat idghom.contoh:  رد و راد اصلهما رد د وراد د
adapun jika huruf sebelumnya itu mati maka harokat dipindah pada huruf sebelumnya, contoh:يرد اصله يرد د
Demikian pula apabila lafadzمد  dibentuk mabni maf’ul, maka jadilahمد
Idghom juga diwajibkan ketika ada dua huruf yang sejenis pada dua kalimat dengan catatan huruf sejenis yang pertama itu disukun atau mati, contoh:عني ,  علي , اكتب بالقلم,  استغفر ربك
Apabila huruf kedua yang sejenis itu berupa dhomir, maka wajib diidghomkan baik secara lafadz maupun tulisan, sedangkan jika huruf kedua yang sejenis itu bukan berupa isim dhomir maka wajib diidghomkan secara lafadz saja tidak tulisan sebagaimana contoh diatas.
Apabila ada lafadz-lafadz yang sudah memenuhi syarat tapi tidak diidghomkan, maka hukumnya syad, contoh:الل السقاء 
2. idghom jawaz
Idghom dihukumi jawaz(boleh), ketika berada pada 4( empat) tempat:
1.    ketika huruf pertama yang sejenis itu berharokat dan huruf kedua itu mati sebab sukun ‘Aridl, baiki berupa fi’il mudhore’ yang dijazmkan,contoh: لم يمدatau  لم يمد د
atau berada pada syibeh jazm, contoh: مد atau  امد د
ketika huruf yang diidghomkan itu bersambung dengan alif tasniyah, wawu jama’, ya’ muanast mukhotobah atau nun taukid, maka wajib diidghomkan. Contoh:لم يمدا  لم يمدوا
kalau ‘ain fiil mudhore’ itu didhommahkan, maka boleh dengan tiga harokat: fathah, kasroh dan dhommah, serta idhgom dan tanpa idghom, contoh:لم يمدٌ, لم يمدد لم يمدٌ, لم يجرٌ, لم يجر,لم يجر, لم يجرر
demikian pula hokum fiil amarnya, maka: فرٌ, فرٌ, عضٌ, عضٌ dengan kasroh lam fiil atau fathah dan افرر, اعضض(tanpa idghom), مدٌ, مدٌ, مدٌ dengan beberapa macam harokat dal dan امدد  tanpa idghom.

2.    Dua ta’ yang boleh idghom ketika ada kalimat yang ain fiil dan lam fiilnya berupa ya’ lazimah yang keduanya berharokat, contoh:  حي, عيatau   حيي, عيي
3.    Apabila ada berada diawal atau permulaan fiil madhi, contoh: : تتابع 
maka boleh diidghomkan dengan cara menambah hamzah washol diawal kalimat untuk mencegah huruf pertama atau awal kalimat mati. Contoh: اتابع 
namun apabila kedua ta’ tersebut berada pada fiil mudlore’ maka tidak boleh diidghomlkan, akan tetapi boleh ditakhfif dengan cara membuang salah satu ta’. Contoh:تتجلي, تتبين   فصارا  تجلي, تبين   ,
4.    Diperbolehkan juga idghom ketika dua huruf yang sejenis berharokat berada didua kalimat. Contoh: جعل لي , كتب بالقلم diperbolehkan  جعل لي , كتب بالقلم 
3 idghom imtina’
Idghom itu dicegah atau dilarang ketika berada pada tempat- tempat dibawah ini:
1. kedua huruf yang sejenis itu berada dipermulaan kalimat, contoh: تتر و ددن
2. kedua huruf yand sejenis berada pada isim yang mengikuti wazanفعل contoh:صفف و لاجد د
Atau mengikuti wazan  فعل contohسرر و ذ لل:, atau mengikuti wazan       فعلcontoh كلل و حلل atau mengikuti wazan فعل,contoh:لبب و طلل
3. Dua huruf yang sejenis itu berada pada wazan fi’il mazid untuk ilhaq, baik tambahan itu bukan salah satu huruf yang sejenis, contoh: هيللatau tambahan tersebut merupakan salah satu huruf yang sejenis, contoh: جلبب 
4. salah satu huruf yang sejenis itu sambung dengan huruf yang diidghomkan. Contoh:مشد د و مهلل
Tercegahnya mengidghomkan yang kedua, karena akan terjadinya tikrar dalam idghom
5.    Apabila ada dua huruf yang sejenis dan huruf kedua itu mati dikarenakan sambung dengan dhomir rafa’ mutaharrik, contoh:  مددت و مددنا
Untuk fiil madhi bina’ mudhoaf yang ‘ain fiilnya dikasroh itu apabila diisnadkan pada dhomir rafa’ mutaharrik, maka boleh tiga wajah, yakni itmam, contoh:ظللت
Atau lam fiilnya dibuang dan harokat ‘ain fiil dipindah pada harokat fa’ fiil setelah harokat fa’ fiil dibuang, contoh:ظلت, atau lam fiil dibuang dan harokat fa’ fiil ditetapkan, contoh:ظلت
Sedangkan fiil bina’ mudhoaf yang ‘ain fiilnya dikasroh itu shighot amar dan mudhore’ yang diisnadkan pada nun jama’ inast, maka boleh dua wajah yakni itmam(disempurnakan), contoh:اقررن atau ‘ain fiil dibuang dan harokatnya dipindah pada pada fa’ fiil, contoh:قرن namun jika ‘ain fiilnya difathah, maka hanya boleh wajah satu yakni itmam, contoh: اقرن dan bila ‘ain fiil yang dibuang sesudah harokatnya dipindah pada fa’ fiil maka hukumnya sima’i, contoh:قرن
    ظلت و ظلت في ظللت  استعملا # وقرن في قررن و قرن نقلا                                          
6.    Pada fiil mudhore’ yang bertemu dengan dhomir nun jama’ inast, contoh:يمددن, تمددن
7.    Pada fiil amar yang bertemu dengan dhomir jama’ muannast, contoh:امددن, احررن dan pada fiil nahinya , sepeti: لاتحررن,لاتمددن
8.    Huruf kedua yang sejenis itu dijazmkan karena berada pada fi’il ta’ajjub yang mengikuti wazanافعل به  maka tidak boleh diidghomkan(فك الاذغام)contoh:احبب به و واعزز بالعلم  maka tidak boleh dikatakan احب به و اعز بالعلم
9.    Lafadz-lafadz syad yang sudah memenuhi syarat-syarat idghom tapi diberlakukan imtina’ul idghom oleh orang arab. Seperti lafadz الل dan delapan lafadz yang lain, yakni:
a.    ذبب الانسان
b.    صكك الفرس
c.    ضببت الارض
d.    قطط الشعر
e.    لححت العين
f.    مششت الرا بةة
g.    عززت الناق
h.    بحح الرجل

DAFTAR PUSTAKA
Ad –Danqozi, Mala’ Abdillah. ___ .Matan Bina’ Wal Asas. Surabaya; Toko Kitab Al Imam
Anwar, Muhammad. 2011. Ilmu Shorof Terjemahan Matan Kailani dan Nadhom Maqsud.                      Bandung; Sinar Baru Algensindo
Mughni, Abdul. ___. Al  Ihkam. Pamekasan; P.P Manbaul Ulum
Ghulaini, Musthofa. 1987. Jami’ud Durus Al  Arobiyyah. Libanon; Al Maktabah ‘Ashriyyah     Bairut




















Tidak ada komentar:

Posting Komentar