Kamis, 06 Maret 2014

Sistematika Penulisan PTK



BAB I
PENDAHULUAN
A.          Latar Belakang
Tahap terakhir yang merupakan tahap paling penting dalam proses pelaksanaan penelitian adalah tahap menulis laporan hasil penelitian. Betapapun pentingnya teori dan hipotesis suatu penelitian,atau bagaimanapun hebatnya penemuan-penemuan penelitian, semua akan kecil hasilnya apabila hasil penelitian itu tidak dilaporkan secara tertulis. Bentuk, isi dan cara melaporkan hasil penelitian akan menentukan bagaimana proses penyebaran pengalaman penelitian dapat berlangsung secara semestinya didalam masyarakat luas.
Dengan demikian laporan penelitian yang dibuat harus selalu dilampiri dengan produk yang dihasilkan serta penjelasannya.  Laporan hasil PTK merupakan laporan yang ditulis secara sistematis berdasarkan penelitian tindakan kelas yang dilakukan oleh guru di kelasnya sendiri. Laporan ini ditulis karena merupakan dokumen yang dapat dijadikan acuan. pengetahuan tentang PTK  ini semakin dibutuhkan, karena Masih banyak guru yang membuat karya tulis ilmiah (KTI) menyebut tulisannya sebagai PTK, tetapi sebenarnya belum atau bahkan bukan PTK.
B.            Rumusan Masalah
1. bagaimanakah sistematika penulisan PTK?
2. bagaimana cara pengetikan laporan PTK?
C.           Tujuan
1.kita dapat mengetahui sistematika penulisan PTK
2.       kita dapat mengetahui cara pengetikan laporan PTK


BAB II
PEMBAHASAN
A. Sistematika Penulisan PTK
HALAMAN JUDUL.
ABSTRAK
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
DAFTAR TABEL
DAFTAR GAMBAR
DAFTAR LAMPIRAN
BAB I       PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
B. Identifikasi masalah
C. Rumusan Masalah
D. Tujuan Penelitian
E. Manfaat Penelitian
BAB II.  KAJIAN PUSTAKA
A.     Deskripsi teori
B.      Kerangka Berfikir
C.     .Hipotesis
BAB III. METODE PENELITIAN
A.    Tempat Dan Subjek Penelitian
B.     Pendekatan Dan Jenis Penelitian
C.     Variabel Penelitian
D.    Prosedur Penelitian
1. Perencanaan
2. Siklus Tindakan
E.     Data Dan Cara Pengumpulan
F.      Indikator Keberhasilan
G.    Tekhnik Analisa Instrumen
H. Tekhnik Analisa Data
BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
A.     Desain awal produk
B.      Hasil pengujian pertama
C.      Revisi produk
D.     Hasilpengujian tahap kedua
E.      Revisi produk
F.       Pengujian tahap ketiga (bila perlu)
G.     Penyempurnaan produk
H.     Pembahasan produk
BAB V PENUTUP
A.     Simpulan
B.      Saran
DAFTAR PUSTAKA

Sistematika penulisan laporan hasil penelitian tindakan kelas dapat dibagi menjadi tiga bagian utama, yaitu bagian awal, bagian pokok dan bagian  akhir. Bagian awal Laporan Penelitian Hasil PTK  terdiri dari: Halaman judul, Abstrak,Kata Pengantar, Daftar isi, Daftar Tabel, Daftar Gambar dan Daftar Lampiran. Bagian Pokok Laporan Penelitian terdiri dari 5 bab, yaitu Bab I Pendahuluan, Bab II Kajian Pustaka, Bab III Metode Penelitian Tindakan Kelas, Bab IV Pelaksanaan dan Hasil Penelitian Tindakan Kelas serta Pembahasan, Bab V Penutup. Bagian akhir dari format laporan penelitian terdiri dari daftar pustaka dan lampiran-lampiran.

Halaman Judul

Lembar judul bunyinya sama dengan yang terdapat pada sampul, hanya saja dicetak pada kertas HVS putih dengan bobot terendah 70 gram.

Kata Pengantar

Lembar Kata Pengantar berjudul KATA PENGANTAR yang diletakkan di tengah atas. Dalam Kata Pengantar boleh dikemukakan ungkapan puji syukur, namun yang pokok adalah pengantar yang di ikuti ucapan terima kasih dan penghargaan kepada orang-orang, lembaga, atau lainnya yang langsung membantu pelaksanaan penelitian dan penulisan laporan. Dalam Kata Pengantar tidak boleh ada pernyataan bahwa penulis yakin akan adanya banyak kesalahan atau kekurangan dalam penelitiannya dan atas dasar itu penulis minta maaf, serta mengharapkan kritik dari pembaca.

Daftar isi

Dalam daftar isi dimuat judul-judul yang terdapat pada bagian awal laporan penelitian, mulai dari abstrak, judul bab beserta subbab dan anak subbabnya masing-masing, dan judul-judul pada bagian akhir. Kecuali judul subbab dan anak subbab, semuanya diketik dengan huruf kapital. Judul-judul itu diikuti titik-titik sepanjang baris, diikuti nomor halaman tempat judul itu terdapat pada halaman lembar laporan penelitian.

Daftar Tabel, Gambar dan Lampiran

Daftar tabel memuat nomor dan judul tabel, diikuti titik-titik seperti pada daftar isi, lalu disusul nomor halaman tempat tabel terdapat dalam teks. Judul tabel yang lebih dari satu halaman ditik dengan spasi satu. Jarak antara judul yang satu dengan yang lain dalam daftar itu satu setengah spasi. Cara membuat gambar sama dengan cara membuat daftar tabel. Cara membuat daftar lampiran sama juga dengan cara membuat daftar tabel.

Bagian Pokok

Bagian Pokok Laporan Penelitian terdiri dari 5 bab, yaitu Bab I Pendahuluan, Bab II Kajian Pustaka, Bab III Metode Penelitian Tindakan Kelas, Bab IV Pelaksanaan dan Hasil Penelitian Tindakan Kelas serta Pembahasan, Bab V Penutup. Berdasarkan hasil seleksi proposal, revisilah menjadi Bab I, Bab II dan Bab III laporan penelitian. Kemudian lakukan penelitian untuk menyusun Bab IV dan Bab V.

 Pendahuluan

Bagian ini adalah bab pertama laporan penelitian yang mengantarkan pembaca untuk mengetahui ikhwal topik penelitian, alasan dan pentingnya penelitian. Oleh karena itu, bab pendahuluan memuat uraian tentang (1) latar belakang masalah penelitian, (2) identifikasi masalah (3) rumusan masalah, (4) tujuan penelitian, dan (5) Manfaat  penelitian.

Kajian Pustaka

Pada bagian ini materi diperluas dan dipertajam lagi sehingga kajian teori, penelitian yang relevan, kerangka berpikir dan hipotesis tindakan menjadi lebih sempurna.

 Metode Penelitian

Dalam metode penelitian ini dipaparkan: setting penelitian dan karakteristik subjek penelitian, variabel yang diselidiki, rencana tindakan, data dan cara pengumpulannya, indikator kinerja dan analisis data.

Hasil Penelitian Dan Pembahasan

Bab IV Hasil Penelitian dan Pembahasan ini sesuai judulnya, memaparkan uraian pelaksanaan masing-masing siklus dengan data lengkap, mulai dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi yang berisi penjelasan tentang aspek keberhasilan dan kelemahan yang terjadi.

Simpulan Dan Saran

Menyimpulkan adalah mengikhtisarkan atau memberi pendapat berdasarkan apa-apa yang diuraikan sebelumnya. Dalam kaitan dengan PTK, kesimpulan harus disusun secara singkat, padat, dan jelas; sesuai dengan uraian, dan mengacu kepada pertanyaan penelitian/ tujuan perbaikan.
Saran harus berkait dengan hal-hal yang dibahas.  Saran untuk hal yang tidak dibahas tidaklah relevan. Praktek atau sistem yang baik dapat disarankan untuk digunakan, atau bahkan disarankan untuk diperbaiki. Saran harus dapat dikerjakan dan praktis.

Bagian Akhir

Bagian akhir dari format laporan penelitian terdiri dari daftar pustaka dan lampiran-lampiran. Tuliskanlah semua bacaan atau referensi yang dimuat dalam bagian pokok laporan ini.. Lampiran memuat hal-hal atau informasi yang mendukung bab-bab sebelumnya yang terdapat pada bagian pokok laporan penelitian.
B. Cara Pengetikan Laporan PTK
a)      Jenis huruf yang disarankan Time New Roman dengan ukuran 12.
b)      Penggunaan huruf miring (italic) atau garis bawah untuk memberi penekanan karena penggunaan kata asing atau hal lain yang perlu memperoleh perhatian
c)      Pemenggalan kata hendaknya tidak dipaksakan agar penampilannya lebih rapi
d)     Jarak baris 1,5 spasi kecuali intisari, kutipan langsung, judul tabel/daftar/gambar dan daftar pustaka
e)      Batas tepi pengetikan, diatur sebagai berikut:
v   tepi atas: 4 cm
v   tepi bawah: 3 cm
v   tepi kiri: 4 cm
v   tepi kanan: 3 cm
f)       Alinea baru ditulis mulai ketikan ke 6 dari batas tepi kiri. Setiap alinea minimal terdiri 2 kalimat.
g)      Bilangan yang mengawali kalimat harus di eja
h)      Judul ditulis dengan huruf besar, simetri dan tanpa diakhiri titik
i)        Sub judul ditulis simetri di awali huruf besar kecuali kata penghubung, tanpa diakhiri titik
j)        Anak sub judul ditulis dari batas kiri diawali huruf besar tanpa titik
k)      Sub anak sub judul, ditulis mulai ketikan ke 6 diakhiri  titik.  Kalimat berikutnya ditulis 1,5 spasi huruf terakhir.
l)        Judul tabel ditulis di atas, sedangkan judul gambar atau grafik ditulis di bawah dengan spasi 1, dengan urutan sesuai bab yang bersangkutan dengan posisi simeteris.




















DAFTAR PUSTAKA
Arikunto. S., Suhardjono., & Supardi. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta
Suharsimi Arikunto, Suhardjono, dan Supardi. (2007). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2010. metode penelitian pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

1 komentar: