BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Tahap terakhir yang merupakan tahap paling penting dalam
proses pelaksanaan penelitian adalah tahap menulis laporan hasil penelitian.
Betapapun pentingnya teori dan hipotesis suatu penelitian,atau bagaimanapun
hebatnya penemuan-penemuan penelitian, semua akan kecil hasilnya apabila hasil
penelitian itu tidak dilaporkan secara tertulis. Bentuk, isi dan cara
melaporkan hasil penelitian akan menentukan bagaimana proses penyebaran
pengalaman penelitian dapat berlangsung secara semestinya didalam masyarakat luas.
Dengan demikian laporan penelitian yang dibuat harus
selalu dilampiri dengan produk yang dihasilkan serta penjelasannya. Laporan
hasil PTK merupakan laporan yang ditulis secara sistematis berdasarkan
penelitian tindakan kelas yang dilakukan oleh guru di kelasnya sendiri. Laporan
ini ditulis karena merupakan dokumen yang dapat dijadikan acuan. pengetahuan
tentang PTK ini semakin dibutuhkan,
karena Masih banyak guru yang membuat karya tulis ilmiah (KTI) menyebut tulisannya
sebagai PTK, tetapi sebenarnya belum atau bahkan bukan PTK.
B.
Rumusan Masalah
1. bagaimanakah sistematika penulisan PTK?
2. bagaimana cara pengetikan laporan PTK?
C.
Tujuan
1.kita dapat mengetahui sistematika penulisan PTK
2.
kita dapat
mengetahui cara pengetikan laporan PTK
BAB II
PEMBAHASAN
A.
Sistematika Penulisan PTK
HALAMAN JUDUL.
ABSTRAK
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
DAFTAR TABEL
DAFTAR GAMBAR
DAFTAR LAMPIRAN
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
B. Identifikasi masalah
C. Rumusan Masalah
D. Tujuan Penelitian
E. Manfaat Penelitian
BAB II.
KAJIAN PUSTAKA
A. Deskripsi teori
B. Kerangka Berfikir
C. .Hipotesis
BAB III.
METODE PENELITIAN
A. Tempat Dan Subjek Penelitian
B. Pendekatan Dan Jenis Penelitian
C. Variabel Penelitian
D. Prosedur Penelitian
1. Perencanaan
2. Siklus Tindakan
E. Data Dan Cara Pengumpulan
F. Indikator Keberhasilan
G. Tekhnik Analisa Instrumen
H.
Tekhnik Analisa Data
BAB IV HASIL PENELITIAN
DAN PEMBAHASAN
A. Desain awal produk
B. Hasil pengujian pertama
C. Revisi produk
D. Hasilpengujian tahap kedua
E. Revisi produk
F.
Pengujian tahap ketiga
(bila perlu)
G. Penyempurnaan produk
H. Pembahasan produk
BAB V PENUTUP
A. Simpulan
B. Saran
DAFTAR PUSTAKA
Sistematika penulisan laporan hasil penelitian tindakan kelas dapat dibagi menjadi tiga bagian utama, yaitu bagian awal, bagian pokok dan bagian akhir. Bagian awal Laporan Penelitian Hasil PTK terdiri dari: Halaman judul, Abstrak,Kata Pengantar, Daftar isi, Daftar Tabel, Daftar Gambar dan Daftar Lampiran. Bagian Pokok Laporan Penelitian terdiri dari 5 bab, yaitu Bab I Pendahuluan, Bab II Kajian Pustaka, Bab III Metode Penelitian Tindakan Kelas, Bab IV Pelaksanaan dan Hasil Penelitian Tindakan Kelas serta Pembahasan, Bab V Penutup. Bagian akhir dari format laporan penelitian terdiri dari daftar pustaka dan lampiran-lampiran.
Halaman Judul
Lembar judul bunyinya sama dengan yang terdapat pada sampul, hanya saja dicetak pada kertas HVS putih dengan bobot terendah 70 gram.
Kata Pengantar
Lembar Kata Pengantar berjudul KATA PENGANTAR yang diletakkan di tengah atas. Dalam Kata Pengantar boleh dikemukakan ungkapan puji syukur, namun yang pokok adalah pengantar yang di ikuti ucapan terima kasih dan penghargaan kepada orang-orang, lembaga, atau lainnya yang langsung membantu pelaksanaan penelitian dan penulisan laporan. Dalam Kata Pengantar tidak boleh ada pernyataan bahwa penulis yakin akan adanya banyak kesalahan atau kekurangan dalam penelitiannya dan atas dasar itu penulis minta maaf, serta mengharapkan kritik dari pembaca.
Daftar isi
Dalam daftar isi dimuat judul-judul yang terdapat pada
bagian awal laporan penelitian, mulai dari abstrak, judul bab beserta subbab
dan anak subbabnya masing-masing, dan judul-judul pada bagian akhir. Kecuali
judul subbab dan anak subbab, semuanya diketik dengan huruf kapital.
Judul-judul itu diikuti titik-titik sepanjang baris, diikuti nomor halaman
tempat judul itu terdapat pada halaman lembar laporan penelitian.
Daftar Tabel, Gambar dan Lampiran
Daftar tabel memuat nomor dan judul tabel, diikuti
titik-titik seperti pada daftar isi, lalu disusul nomor halaman tempat tabel
terdapat dalam teks. Judul tabel yang lebih dari satu halaman ditik dengan
spasi satu. Jarak antara judul yang satu dengan yang lain dalam daftar itu satu
setengah spasi. Cara membuat gambar sama dengan cara membuat daftar tabel. Cara
membuat daftar lampiran sama juga dengan cara membuat daftar tabel.
Bagian Pokok
Bagian Pokok Laporan Penelitian terdiri dari 5 bab, yaitu
Bab I Pendahuluan, Bab II Kajian Pustaka, Bab III Metode Penelitian Tindakan
Kelas, Bab IV Pelaksanaan dan Hasil Penelitian Tindakan Kelas serta Pembahasan,
Bab V Penutup. Berdasarkan hasil seleksi proposal, revisilah menjadi Bab I, Bab
II dan Bab III laporan penelitian. Kemudian
lakukan penelitian untuk menyusun Bab IV dan Bab V.
Pendahuluan
Bagian ini adalah bab pertama laporan penelitian yang
mengantarkan pembaca untuk mengetahui ikhwal topik penelitian, alasan dan
pentingnya penelitian. Oleh karena itu, bab pendahuluan memuat uraian tentang
(1) latar belakang masalah penelitian, (2) identifikasi masalah (3) rumusan
masalah, (4) tujuan penelitian, dan (5) Manfaat penelitian.
Kajian Pustaka
Pada bagian ini materi diperluas dan dipertajam lagi
sehingga kajian teori, penelitian
yang relevan, kerangka berpikir
dan hipotesis tindakan menjadi lebih sempurna.
Metode Penelitian
Dalam metode
penelitian ini dipaparkan: setting penelitian dan karakteristik subjek
penelitian, variabel yang diselidiki, rencana tindakan, data dan cara
pengumpulannya, indikator kinerja dan analisis data.
Hasil Penelitian Dan Pembahasan
Bab IV Hasil Penelitian dan
Pembahasan ini sesuai judulnya, memaparkan uraian pelaksanaan masing-masing siklus dengan data lengkap, mulai dari
perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi yang berisi penjelasan
tentang aspek keberhasilan dan kelemahan yang terjadi.
Simpulan Dan Saran
Menyimpulkan adalah mengikhtisarkan atau memberi pendapat
berdasarkan apa-apa yang diuraikan sebelumnya. Dalam kaitan dengan PTK,
kesimpulan harus disusun secara singkat, padat, dan jelas; sesuai dengan
uraian, dan mengacu kepada pertanyaan penelitian/ tujuan perbaikan.
Saran harus berkait dengan hal-hal yang dibahas. Saran untuk hal yang tidak dibahas tidaklah
relevan. Praktek atau sistem yang baik dapat disarankan untuk digunakan, atau
bahkan disarankan untuk diperbaiki. Saran harus dapat dikerjakan dan praktis.
Bagian Akhir
Bagian akhir dari format laporan penelitian terdiri dari daftar pustaka dan
lampiran-lampiran. Tuliskanlah semua bacaan atau referensi yang dimuat dalam
bagian pokok laporan ini.. Lampiran memuat hal-hal atau informasi yang
mendukung bab-bab sebelumnya yang terdapat pada bagian pokok laporan
penelitian.
B.
Cara Pengetikan Laporan PTK
a) Jenis huruf yang disarankan Time New
Roman dengan ukuran 12.
b) Penggunaan huruf miring (italic) atau
garis bawah untuk memberi penekanan karena penggunaan kata asing atau hal lain
yang perlu memperoleh perhatian
c) Pemenggalan kata hendaknya tidak
dipaksakan agar penampilannya lebih rapi
d) Jarak baris 1,5 spasi kecuali intisari,
kutipan langsung, judul tabel/daftar/gambar dan daftar pustaka
e) Batas tepi pengetikan, diatur sebagai
berikut:
v tepi
atas: 4 cm
v tepi
bawah: 3 cm
v tepi
kiri: 4 cm
v tepi
kanan: 3 cm
f) Alinea baru ditulis
mulai ketikan ke 6 dari batas tepi kiri. Setiap alinea minimal terdiri 2
kalimat.
g) Bilangan yang
mengawali kalimat harus di eja
h) Judul ditulis
dengan huruf besar, simetri dan tanpa diakhiri titik
i)
Sub judul ditulis simetri di awali huruf besar kecuali
kata penghubung, tanpa diakhiri titik
j)
Anak sub judul ditulis dari batas kiri diawali huruf
besar tanpa titik
k) Sub anak sub judul, ditulis mulai
ketikan ke 6 diakhiri titik. Kalimat berikutnya ditulis 1,5 spasi huruf
terakhir.
l)
Judul tabel ditulis di atas, sedangkan judul gambar atau
grafik ditulis di bawah dengan spasi 1, dengan urutan sesuai bab yang
bersangkutan dengan posisi simeteris.
DAFTAR
PUSTAKA
Arikunto.
S., Suhardjono., & Supardi. 2008. Penelitian
Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Sugiyono. 2010. Metode
Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta
Suharsimi
Arikunto, Suhardjono, dan Supardi. (2007). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta:
Bumi Aksara.
Sukmadinata,
Nana Syaodih. 2010. metode penelitian pendidikan. Bandung: PT Remaja
Rosdakarya
terima kasih
BalasHapus